Apa Itu Kuota Aplikasi Edu? Berikut Ulasannya

Posted on

apa itu kuota aplikasi edu — Di tengah aktivitas yang harus dilakukan serba online pemerintah akhirnya meluncurkan bantuan kuota untuk para siswa, mahasiswa, dan juga tenaga pengajar.

Adanya bantuan dari pemerintah ini tentunya disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. 

Sebab pada kondisi saat ini konektivitas memang sangat diperlukan dalam dunia pendidikan.

Karena kegiatan belajar dan mengajar kini dilakukan serba online, maka dalam prosesnya baik pengajar dan pelajar sangat membutuhkan kuota internet yang cukup banyak. 

Apa Itu Kuota Aplikasi Edukasi?

Pemerintah memberikan bantuan kepada pelajar dan pengajar dalam bentuk kuota edukasi. Kuota edukasi ini merupakan kuota bantuan dari pemerintah yang disalurkan kepada siswa, mahasiswa, guru, dan juga dosen. 

Apa Itu Kuota Aplikasi Edu
Apa Itu Kuota Aplikasi Edu

Kuota edukasi yang diberikan oleh pemerintah ini terbagi menjadi kuota umum dan juga kuota aplikasi.

Seperti namanya, kuota umum ini bisa dipergunakan untuk mengakses website dan aplikasi apapun. Sedangkan kuota aplikasi hanya bisa Anda pergunakan untuk mengakses aplikasi dan website pembelajaran tertentu saja.

Website dan Aplikasi yang Bisa Diakses dengan Kuota Aplikasi 

Tidak semua aplikasi dan website pembelajaran bisa diakses menggunakan kuota aplikasi edukasi yang diberikan oleh pemerintah.

Pemerintah telah memilih aplikasi dan website tertentu yang bisa diakses menggunakan kuota aplikasi tersebut

Berikut ini merupakan website dan aplikasi yang bisa diakses dengan kuota aplikasi dari pemerintah:

  • Aplikasi

Ada cukup banyak aplikasi yang bisa Anda akses dengan menggunakan kuota aplikasi edukasi dari pemerintah. Beberapa aplikasi diantaranya adalah aplikasi Zenius, Ruangguru, Google Classroom, Edmodo, Microsoft Education, Quipper, Duolingo, WhatsApp, dan masih banyak lagi. 

  • Website

Ada beberapa website yang menyajikan konten pembelajaran yang bisa Anda akses dengan kuota aplikasi. Beberapa diantaranya adalah website kemendikbud, cambridgeenglish.org, elearning.gurudaringmilenial.id, icando.co.id, kelaspintar.id, pijarsekolah.id, dan lain-lain.

  • Website Kampus

Sudah terdaftar sekitar 401 website kampus yang bisa diakses menggunakan kuota aplikasi edukasi dari pemerintah. Bila Anda ingin melakukan pengecekan website kampus mana saja yang sudah terdaftar di kuota aplikasi maka Anda bisa klik link berikut: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

  • Video Conference

Layanan video conference juga akan dimasukkan dalam kuota aplikasi dari pemerintah. Anda bisa mengakses layanan Cisco Webex, Zoom, Google Meet, Microsoft Team, dan U Meet Me menggunakan kuota aplikasi edukasi dari pemerintah. 

Berapa Kuota Aplikasi yang Didapatkan?

Untuk mereka yang masih di jenjang PAUD akan mendapatkan kuota edukasi sebesar 20GB per bulan yang terdiri dari 5GB kuota umum dan 15GB kuota aplikasi. Murid SD, SMP, dan SMA akan mendapatkan kuota edukasi sebesar 35GB perbulan yang terdiri dari 5 GB kuota umum dan 30 GB kuota aplikasi. 

Untuk guru akan mendapatkan bantuan kuota sebesar 42 GB per bulan, dimana 5GB adalah kuota umum dan 37 GB adalah kuota aplikasi. Mahasiswa dan dosen mendapatkan bantuan kuota sebesar 50GB per bulan, terdiri dari 5 GB kuota umum dan 45GB kuota aplikasi.

Seperti itulah penjelasan kami mengenai kuota aplikasi edukasi. Manfaatkan dengan baik bantuan kuota edukasi yang telah diberikan oleh pemerintah. Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai kuota aplikasi edukasi, semoga bermanfaat!