Transaksi SKN dan RTGS Seabank, Berikut penjelasannya

Transaksi SKN dan RTGS Seabank
Transaksi SKN dan RTGS Seabank

transaksi skn dan rtgs seabank — SeaBank, bank digital yang diluncurkan oleh Sea Group, menawarkan berbagai layanan keuangan, termasuk transfer uang.

SeaBank mendukung dua jenis transfer antar bank: Sistem Kliring Nasional (SKN) dan Real Time Gross Settlement (RTGS). Kedua sistem ini memiliki karakteristik yang berbeda dan cocok untuk kebutuhan transfer yang berbeda pula.

Perbedaan SKN dan RTGS:

FiturSKNRTGS
Batas waktu proses24 jam (hari kerja)Real-time (seketika)
Batas minimal transaksiRp10.000Rp100.000.000
Biaya transaksiRp2.500 – Rp5.000Rp25.000 – Rp50.000

Sistem Kliring Nasional (SKN) adalah sistem transfer dana antar bank yang lebih lambat dan murah.

Proses transfer SKN dapat memakan waktu hingga 24 jam di hari kerja. Namun, biaya transfernya relatif murah, yaitu Rp2.500 – Rp5.000 per transaksi. SKN cocok untuk transfer dana yang tidak terlalu mendesak, seperti pembayaran tagihan bulanan atau gaji karyawan.

Sementara itu, Real Time Gross Settlement (RTGS) adalah sistem transfer dana antar bank yang lebih cepat dan mahal. Transfer RTGS diproses secara real-time atau seketika, sehingga dana akan segera diterima oleh penerima. Namun, biaya transfernya lebih mahal, yaitu Rp25.000 – Rp50.000 per transaksi. RTGS cocok untuk transfer dana yang membutuhkan waktu real-time, seperti pembayaran dana darurat atau pembelian saham.

Cara Melakukan Transaksi SKN dan RTGS di SeaBank:

  1. Buka aplikasi SeaBank.
  2. Pilih menu “Transfer”.
  3. Pilih “Ke Bank Lain”.
  4. Masukkan nomor rekening tujuan.
  5. Masukkan nominal transfer.
  6. Pilih jenis transfer: SKN atau RTGS.
  7. Periksa detail transfer, termasuk biaya yang dikenakan.
  8. Masukkan PIN SeaBank.
  9. Konfirmasi transfer.
  10. Anda akan menerima notifikasi bahwa transfer berhasil dilakukan.

Tips:

  • Gunakan SKN untuk transfer dana yang tidak terburu-buru, seperti pembayaran tagihan bulanan atau gaji karyawan.
  • Gunakan RTGS untuk transfer dana yang membutuhkan waktu real-time, seperti pembayaran dana darurat atau pembelian saham.
  • Pastikan Anda memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transfer, termasuk biaya transfer.
  • Periksa kembali detail transfer sebelum Anda konfirmasi, seperti nomor rekening tujuan, nominal transfer, dan biaya transfer.
  • Simpan bukti transfer untuk keperluan pencatatan.

FAQ:

Q: Apa itu SKN dan RTGS?
A: SKN dan RTGS adalah dua jenis sistem transfer antar bank di Indonesia. SKN adalah sistem transfer yang lebih lambat dan murah, sedangkan RTGS adalah sistem transfer yang lebih cepat dan mahal.

Q: Kapan sebaiknya saya menggunakan SKN dan RTGS?
A: Gunakan SKN untuk transfer dana yang tidak terburu-buru, seperti pembayaran tagihan atau gaji karyawan. Gunakan RTGS untuk transfer dana yang membutuhkan waktu real-time, seperti pembayaran dana darurat atau pembelian saham.

Q: Berapa biaya transfer SKN dan RTGS di SeaBank?
A: Biaya transfer SKN di SeaBank adalah Rp2.500 – Rp5.000, sedangkan biaya transfer RTGS adalah Rp25.000 – Rp50.000.

Q: Bagaimana cara cek status transfer SKN dan RTGS?
A: Anda dapat cek status transfer SKN dan RTGS di aplikasi SeaBank. Buka menu “Riwayat Transaksi”, pilih transfer yang ingin Anda cek, dan lihat statusnya.

Q: Apakah ada batas waktu untuk transfer SKN dan RTGS?
A: Transfer SKN dapat dilakukan setiap hari kerja, sedangkan transfer RTGS dapat dilakukan setiap hari, termasuk hari libur. Namun, ada batas waktu tertentu untuk transfer RTGS di hari libur.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika transfer gagal?
A: Jika transfer SKN atau RTGS gagal, Anda dapat menghubungi customer service SeaBank untuk meminta penjelasan dan solusi. Jangan lakukan transfer ulang sebelum menghubungi customer service untuk menghindari duplikasi transaksi.

Dengan memahami perbedaan dan cara menggunakan SKN dan RTGS di SeaBank, Anda dapat melakukan transfer dana antar bank dengan lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan ragu untuk menghubungi customer service SeaBank jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala terkait transaksi SKN dan RTGS.

itulah ulasan dari metodepraktis, semoga bermanfaat!